Apa Itu Telepon Dan Sejarah Singkat Telepon Yang Belum Anda Ketahui

 

Credit Photo: https://www.instagram.com/klasikantik_galery/

Apa itu telepon? Begini Penjelasannya Kawan

Kabar Klungkung Telepon adalah teknologi yang kita gunakan untuk memungkinkan komunikasi dari jauh. Umumnya terkait dengan komunikasi suara antara dua atau lebih pihak yang berbeda secara fisik, telepon telah berkembang jauh sejak penemuan telepon pertama.

Istilah telepon digunakan untuk menggambarkan teknologi yang digunakan untuk mengirim pesan teks, panggilan video dan konferensi, pesan suara, perekaman panggilan dan faks.

Posting ini akan mengeksplorasi apa itu telepon, bagaimana berbagai jenis telepon bekerja, dan, yang paling penting, bagaimana hal itu berkembang dari waktu ke waktu.


Sejarah singkat telepon

Tahukah Anda bahwa kata telepon berasal dari bahasa Yunani 'tele' yang berarti jauh, dan 'telepon' yang berarti berbicara? Intinya, itulah tepatnya sistem telepon – teknologi yang memungkinkan kita terhubung menggunakan sinyal audio dari jauh.

Dipatenkan oleh penemu Alexander Graham Bell pada tahun 1876, telepon memungkinkan orang untuk mengirimkan ucapan manusia secara elektronik untuk pertama kalinya. Membangun mekanisme sistem telegraf (sistem pesan teks listrik yang telah digunakan sejak tahun 1840-an) Bell menjadi penemu telepon, dilaporkan mengalahkan insinyur listrik Amerika, Elisha Gray dalam hitungan jam.

Percakapan telepon pertama kali terjadi antara Bell dan asistennya Thomas Watson ketika Mr Watson berada di kamar sebelah. Panggilan pertama untuk menjangkau jarak yang sangat jauh (dari Salem ke Boston) terjadi tidak lama kemudian. Bell kemudian mendirikan Bell Telephone Company pada Juli 1877.

Segra setelah ini, penemuan pertukaran telepon memungkinkan penggunaan teknologi yang lebih luas, memungkinkan orang untuk terhubung melalui operator switchboard, untuk berkomunikasi dengan pihak lokal lainnya yang terhubung ke layanan tersebut. Saluran bagasi diperkenalkan untuk menghubungkan telepon individu dan memungkinkan lebih banyak panggilan telepon jarak jauh berlangsung.

Pada tahun 1915, Bell dan Watson membaptis layanan telepon lintas benua dengan panggilan telepon ikonik. Bell mengulangi ucapan yang sekarang terkenal seperti yang disampaikan dalam panggilan pertama itu: 'Tuan Watson, datang ke sini. Saya ingin bertemu Anda', Watson menjawab bahwa ini akan memakan waktu sekitar lima hari. Presiden Woodrow Wilson dilaporkan juga bergabung dengan mereka dalam panggilan seremonial itu.

Sejak hari-hari panggilan telepon awal ini, telepon telah berkembang pesat. Di tahun 60-an, fitur yang lebih canggih mulai dimainkan, seperti panggilan tunggu. Pada awal 70-an, ilmuwan komputer Danny Cohen memelopori NVP (Network Voice Protocol), pendahulu VoIP (Voice over Internet Protocol).

Pada pertengahan tahun sembilan puluhan, Telepon Internet pertama dirilis, menandai peresmian komersial layanan VoIP, kemudian pada tahun 2003, Skype meluncurkan perintis, layanan VoIP gratis yang kita kenal sekarang.

Telepon di dunia modern

Secara historis, istilah 'telepon' telah digunakan untuk menggambarkan telepon darat tradisional dan perangkat keras perangkat telepon fisik. Munculnya komputasi awan telah mengaburkan garis antara saluran telepon tembaga lama dan sistem PBX di masa lalu dan bidang telekomunikasi yang lebih umum dan terus berkembang.

Dalam istilah modern, kata tersebut sekarang digunakan secara universal untuk menggambarkan teknologi komunikasi secara umum. Solusi yang memungkinkan dua pihak atau lebih untuk melakukan kontak melalui suara, video, pesan dan faks sekarang akan berada di bawah payung 'telepon'. Teknologi yang sangat diperlukan ini telah berevolusi dengan konsumen saat ini dan kebutuhan tempat kerja modern yang selalu berubah untuk mencakup semua komunikasi verbal, baik itu transmisi teks, sinyal suara elektronik, atau komunikasi video.

Telepon tradisional

Telepon tradisional memungkinkan percakapan waktu nyata menggunakan kabel dan kabel PSTN. Mengubah gelombang suara suara menjadi sinyal elektronik, sistem lama akan mengangkut potongan dialog dari satu penerima ke penerima lainnya, mengubah sinyal elektronik kembali menjadi sinyal suara saat tiba di tempat tujuan.

Secara tradisional, kabel regional, nasional dan internasional ini akan menjadi jalur tembaga, tetapi kabel ini semakin digantikan oleh kabel serat optik yang lebih banyak untuk mendukung konektivitas yang lebih cepat dan lebih kuat.

Telepon seluler

Pada dasarnya, ketika berbicara tentang telepon, ponsel bertindak sebagai radio dua arah untuk mengirim dan menerima gelombang radio ke menara seluler lokal. Percakapan seluler terjadi dengan telepon Anda mengubah gelombang suara menjadi sinyal elektronik dan mengirimkannya melalui gelombang radio ke menara jaringan seluler terdekat yang tersedia.

Jaringan seluler kemudian menggunakan sinyal radio untuk membawa potongan dialog ini ke perangkat seluler penerima, yang mentransfer sinyal elektronik ini kembali menjadi suara.

Telepon Internet

Sederhananya, Internet telephony (juga dibaca VoIP atau IP Telephony) bekerja dengan melakukan panggilan telepon melalui internet. Alih-alih sinyal analog melalui telepon rumah tradisional, telepon internet mengubah suara menjadi sinyal digital untuk mengirimkannya dari satu penerima ke penerima lainnya.

Sistem VoIP, subkategori telepon internet, mengirimkan suara dan jenis komunikasi lainnya melalui broadband, jaringan IP pribadi, dan router VoIP.

Mengirim faks

Tujuan dari mesin fax adalah untuk mengirim dan menerima dokumen. Teknologi faks tradisional bekerja dengan cara yang sama seperti sistem telepon lama. Alih-alih menggunakan gelombang suara, sensor mesin faks bekerja dengan menyandikan dokumen yang dicetak. Ini kemudian mengubah grafik menjadi sinyal elektronik dengan perjalanan melintasi jaringan ke mesin penerima. Mesin faks yang menerima dokumen kemudian menerima sinyal sebagai pulsa listrik yang mengontrol printer untuk mencetak replika dokumen asli.

Dalam faks virtual (juga dikenal sebagai faks IP atau FoIP), perangkat lunak mengkodekan dokumen yang dipindai, mengubahnya menjadi data yang kemudian berjalan melalui internet untuk mencapai alamat IP penerima.

Demikianlah Sedikit Pengetahuan Kami Yang Bisa Kami Bagikan Kepada Anda Tentang Apa Itu Telepon. TERIMA KASIH

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url