Razer Book 13: Laptop Gaming Nan Elegan

Razer Book 13: Laptop Gaming Nan Elegan

Kami merekomendasikan Razer Book 13 kepada siapa saja yang ingin mendapatkan laptop ringkas kecil yang menawarkan kinerja hebat dan daya tahan baterai yang memadai untuk tugas sekolah, permainan, dan terkadang tugas yang lebih berat seperti mengedit video.

Ulasan Razer Book 13 Laptop Gaming

Razer Book 13 adalah laptop produktivitas yang menyegarkan, tetapi haruskah Anda membelinya? Pasar ultrabook pada tahun 2021 agak jenuh, terutama di sisi Windows. Dengan merek-merek seperti Dell, Lenovo, dan Microsoft yang merilis pembaruan berulang untuk lini laptop mereka, mungkin akan mengecewakan untuk melihat desain yang sama berulang kali. Namun ada sesuatu dari Razer yang baru: sesuatu yang ramping dan ringkas yang dikemas dalam beberapa kekuatan hardware yang serius.

Ini adalah laptop pertama yang berfokus pada produktivitas Razer, dan sejujurnya, ini adalah salah satu upaya pertama terbaik yang akan Anda temukan. Anda mendapatkan desain modern, tampilan cantik, dan performa nyaman dalam paket yang sangat portabel.

Desain

Razer Book 13 benar-benar mengesankan dari sudut pandang desain. Enklosur memberikan tampilan industri dengan tepi rata di sekelilingnya. Laptop ini sedikit lebih berat daripada laptop produktivitas lainnya, seperti Surface Laptop 4 13,5 inci, dengan berat sekitar 3,09 lbs, tetapi Anda akan mendapatkan salah satu komputer 13 inci paling ringkas di pasaran.

Bibir depan di tepi bawah laptop memungkinkan Anda untuk membukanya dengan satu tangan, tetapi karena bersifat magnetis, terkadang agak merasa itu tidak praktis.

Tidak seperti laptop Razer lainnya, yang satu ini hadir dalam warna perak yang disebut Mercury, hasil akhir yang cocok dipasangkan dengan logo Razer yang serasi dengan warna dan keyboard putih, tetapi sering kotor. Jika Anda memasukkan laptop ini ke dalam tas atau kompartemen penyimpanan lainnya, Anda akan melihat tanda gelap mulai terbentuk di bodi logam. Tanda ini mudah dihilangkan dengan kain, tetapi bisa merepotkan jika Anda harus sering membersihkan laptop.

Tampilan

Razer Book 13 memiliki salah satu tampilan laptop terbaik, titik. Spek yang kami dapatkan untuk mereview adalah varian sentuhan Full HD, Razer juga menawarkan varian non-sentuh Full HD dengan harga lebih murah, atau Anda dapat memilih model UHD top-of-the-line yang juga mendukung sentuhan.

Layar ini bisa dibilang salah satu aspek terbaik dari laptop ini, dan hampir merupakan tampilan yang sempurna untuk laptop produktivitas di kelasnya. Itu menjadi cukup cerah, dan warnanya cerah dan sebagian besar akurat warna. Bezelnya sangat tipis dan minimal, menjadikannya pengalaman yang benar-benar imersif untuk bekerja, bermain game, dan streaming film serta video.

Tidak ada yang perlu dikeluhkan di sini! Tampilan ini sangat bagus. Beberapa tambahan yang akan membuat panel ini lebih baik adalah mengubah rasio aspek dari 16:10 menjadi 3:2. Rasio aspek 16:10 pada Razer Book 13 lebih baik untuk produktivitas daripada saudara kandung game 16:9, tetapi memilih rasio aspek 3:2 yang lebih tinggi akan bagus untuk dilihat. Hal lain yang bisa dilakukan Razer adalah menawarkan kecepatan refresh yang lebih tinggi. Layar Razer Book 13 adalah 60hz, tetapi karena Razer sudah menawarkan panel 144hz untuk Blade 13-nya, kecepatan refresh yang lebih tinggi pada laptop ini akan membedakannya dengan laptop produktivitas lainnya.

Keyboard: RGB tidak Cukup

Sejauh ini, kami telah mengoceh tentang desain luar biasa dari Razer Book 13, tetapi ini dibayangi oleh pengalaman mengetik laptop yang kurang optimal. Dibandingkan dengan laptop produktivitas lainnya seperti Surface Laptop 4, pengalaman mengetik Razer Book 13 mengecewakan.

Keyboard ini terasa lembek dan sempit dibandingkan kompetitornya. Terlalu dangkal bro! dan dalam pengujian, kami tidak pernah terbiasa. Selalu melakukan kesalahan dalam pengetikan huruf, dan saat mengetik dengan cepat, kekakuan tombol berarti Anda tidak dapat mengenali saat tombol ditekan.

Dalam mode khas Razer, keyboard ini mendukung Razer Chroma RGB, dan laptop ini dilengkapi dengan Razer Chroma Studio yang telah diinstal sebelumnya untuk memungkinkan Anda menyesuaikan efek pencahayaan di dalamnya. Razer juga mengatakan keyboard memiliki Anti-Ghosting, yang memungkinkannya untuk mengambil beberapa input dari tombol sekaligus.

Namun, ini tidak efektif ketika Anda kehilangan kunci karena keyboard yang lembek. Trackpad pada laptop ini terbuat dari kaca dan mendukung driver Microsoft Precision yang setara dengan ultrabook produktivitas premium lainnya. Secara keseluruhan, keyboard sejauh ini merupakan fitur terlemah dari laptop hebat ini.

Spesifikasi dan Performa

Razer Book 13 dilengkapi dengan prosesor Intel 11th gen i7 EVO, yang menampilkan Intel Iris Xe Graphics. Anda bisa mendapatkan laptop ini dengan RAM 16GB dan penyimpanan 256 atau 512GB. Model dasar Razer Book 13 dijual secara eksklusif di situs Razer, dan harganya turun menjadi $1200 dengan menggunakan i5 gen ke-11, RAM 8GB, dan penyimpanan 256GB.

Varian yang kami miliki untuk ditinjau adalah i7 tingkat menengah dengan RAM 16GB dan penyimpanan 256GB, dan ini adalah konfigurasi yang kami rekomendasikan untuk kebanyakan orang karena i7 berkinerja sangat baik.

Laptop ini sangat kuat; selama pengujian, ia dapat dengan mudah menangani time line 4K Premiere Pro pada resolusi penuh tanpa drop frame. Laptop ini dapat menjalankan game intensif grafis pada pengaturan sedang hingga tinggi untuk bermain game tetapi jangan berharap framerate yang sangat besar.

Dibandingkan dengan jajaran game Razer, Anda mendapatkan chipset seri-U yang lebih lemah daripada seri-H yang ditemukan pada Razer Blades, dan Anda menggunakan grafis terintegrasi dibandingkan dengan grafis seri GeForce 30 pada Blades. Semua ini bermuara pada memungkinkan Razer Book 13 menjadi ringkas dan hemat daya dibandingkan dengan saudara kandungnya yang lebih berfokus pada game.

Desain termal pada Razer Book 3 sangat bagus untuk laptop dengan faktor bentuk ini karena sebagian besar tidak bersuara dan tetap relatif dingin selama beban kerja yang berat. Secara keseluruhan, Anda mendapatkan kinerja luar biasa pada laptop sekecil dan sekompak Razer Book 13.

Daya tahan baterai

Masa pakai baterai pada laptop ini sesuai dengan kebanyakan laptop produktivitas lainnya; rata-rata, Anda dapat menggunakan 7-8 jam screen-on-time dengan penggunaan moderat. Dalam pengujian, beban kerja yang lebih berat dalam program seperti Premiere Pro berarti Anda hanya akan menggunakan kurang dari 6 jam sebelum perlu mencolokkan chargernya.

Perlu diingat bahwa model yang diuji dalam ulasan ini adalah varian Full HD, jadi jika Anda memilih versi 4K dengan resolusi lebih tinggi, masa pakai baterai Anda kemungkinan besar akan berkurang.

Pengisian daya laptop melalui USB-C, dan power brick yang disertakan mendukung pengisian daya 65W. Pengisi daya untuk Razer Book 13 cukup bagus karena batu batanya kecil dan ringkas, dan kabelnya dikemas dengan sangat baik.

Fitur Utama

Pemilihan port pada Razer Book 13 sangat baik. Anda akan menemukan dua port USB-C dengan Thunderbolt 4, port USB-A 3.1, port HDMI lengkap, slot kartu MicroSD, dan jack headphone. Ini bagus untuk produktivitas karena Anda akan dapat memanfaatkan beragam pilihan port tanpa harus mengeluarkan uang ekstra untuk dongle atau dok.

Port USB-C keduanya mendukung daya, memungkinkan Anda mencolokkan laptop dari sisi kanan dan kiri, membuatnya sangat nyaman untuk mengisi daya.

Thunderbolt 4 mendukung bandwidth tinggi 40Gbps, sehingga Anda dapat dengan mudah menyambungkan laptop ke monitor khusus atau eGPU untuk memaksimalkan kecepatan dan kinerja. Fleksibilitas pemilihan port Razer sangat bagus untuk dilihat di laptop ringkas seperti Book 13.

Razer Book 13 juga dilengkapi dengan kamera 1MP 720p yang dipasangkan dengan 4-mic array. Input mic di laptop ini lumayan, tapi kameranya tidak istimewa, sangat noise dan tidak menarik. Laptop ini juga dilengkapi dengan pengenalan wajah Windows Hello, dan ini memungkinkan Anda untuk masuk ke perangkat Anda dengan sedikit atau tanpa kerumitan.

Untuk pengeras suara, Razer memilih sepasang pengeras suara ganda, dan sebagian besar, terdengar tajam dan jernih, tetapi tidak ada yang terlalu luar biasa. Anda masih akan mengalami distorsi pada volume yang lebih tinggi. Laptop mendukung audio spasial, tetapi tidak begitu efektif.

Service

Razer Book 13 mengikuti yang paling ultraportabel di kelasnya dalam hal kemampuan untuk di custom. Anda dapat memutakhirkan SSD, yang sangat bagus untuk dilihat karena Anda bisa mendapatkan lebih banyak penyimpanan dibandingkan dengan penawaran Razer yang hanya 256 atau 512GB. RAM, bagaimanapun, disolder, jadi jika Anda memilih varian 8GB, Anda tidak akan dapat memutakhirkannya. Laptop dapat diakses melalui bagian bawah menggunakan obeng T5 Torx.

RAM Razer Book 13 yang tidak dapat diupgrade bukanlah pemecah masalah, tetapi itu berarti Anda harus mengeluarkan $ 1600 untuk mendapatkan lebih banyak RAM, konfigurasi RAM tertinggi yang dapat Anda pilih adalah 16GB.

Untuk Siapa Buku Razer 13?

Secara keseluruhan, Razer Book 13 adalah laptop produktivitas yang luar biasa. Anda mendapatkan desain industri yang ramping, kinerja hebat, layar memukau, dan masa pakai baterai yang layak. Pilihan port beragam, dan Anda dapat dengan mudah menaklukkan tugas dengan mudah pada faktor bentuk ultraportabel.

Konon, keyboard tetap menjadi satu-satunya titik lemah utama pada laptop ini dengan key-travel dan kelenturannya yang dangkal. Jika Anda seorang juru ketik yang berat, Anda harus mempertimbangkan untuk mengambil keyboard eksternal untuk mengikuti pembelian Razer Book 13 Anda.

Kami merekomendasikan Razer Book 13 kepada siapa saja yang ingin mendapatkan laptop ringkas kecil yang menawarkan kinerja hebat dan daya tahan baterai yang memadai untuk tugas sekolah, permainan, dan terkadang tugas yang lebih berat seperti mengedit video.

SPESIFIKASI Razer Book 13

  1. Merk : Razer
  2. Penyimpanan: 256 atau 512GB
  3. CPU: Intel Core i7-1165G7
  4. Memori: 16GB
  5. Sistem Operasi: Windows 10 Home
  6. Baterai: 55 WHr
  7. Port: USB 3.1 Gen 1 (USB-A) x 1, Thunderbolt 4 (USB-C) + Power x 2, HDMI 2.0 x 1, Slot MicroSD x 1, 3.5mm Combo-Jack x 1
  8. Kamera: 1MP / 720P
  9. Tampilan (Ukuran, Resolusi): 13,4" Full HD atau UHD
  10. Berat: 3,09 lbs
  11. GPU: Intel Iris Xe Graphics

KELEBIHAN Razer Book 13

  • Tampilan cantik
  • Desain industri yang ringkas dan ramping
  • Kinerja Luar Biasa
  • Berbagai port yang bagus
  • Sistem speaker yang fantastis

KEKURANGAN Razer Book 13

  • Keyboard sedikit mengecewakan dibandingkan dengan kompetitor
  • Sulit dibuka dengan satu tangan
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url